17 Nov 2010

Makna Tersirat Berkurban

Setelah selesai menjalankan Shalat Ied tadi pagi, saya memilih tetap duduk ditempat mendengarkan sang khatib ceramah disaat orang lain bergegas meninggalkan masjid. Padahal sebelumnya sudah ada wanti-wanti dari pengurus masjid agar jangan meninggalkan masjid sebelum ceramah usai. Dalam hati saya bertanya "Kenapa muslim sekarang enggan atau cenderung malas dalam mendengarkan?" mungkin perlu di kembangkan budaya untuk mendengarkan pada muslimin daerah ini.

Kita semua tahu bahwa hikmah yang dapat diambil pada saat hari raya kurban ini adalah keikhlasan kita menyedekahkan uang kita di jalan Allah. Hal itu telah dicontohkan Nabi Ibrahim Alaihi salam yang bahkan sampai rela mengorbankan anaknya Nabi Ismail Alaihi salam. Jika Nabi Ibrahim saja sampai rela mengorbankan anak lalu apalah arti uang kita?

Namun adakalanya mindset yang terbentuk dalam pikiran kita bahwa Kurban hanya kewajiban orang yang punya rezeki banyak yang melebihi kebutuhan hidupnya atau dengan kata lain bahwa kurban adalah memberikan hewan ternak untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada yang kurang mampu.

Memang Kurban yang dimaksud dalam istilah agama (terminilogi) disini adalah Hari diamana Umta Islam menyembelih hewan ternaknya untuk dibagikan kepada yang kurang mampu sebagaimana dicontohkan Nabi Ibrahim as. Tapi yang saya maksud adalah "mengapa kita mempersempit istilah kuraban menjadi hanya pemotongan hewan ternak?"

Hal ini saya pertanyakan dalam hati karena kaitannya dengan kejadian tadi pagi dimana saya anggap kaum muslimin sekarang seperti enggan "Kurban Waktu" hanya untuk mendengarkan petuah agama.

Semoga hal ini tidak terulang dilain kesemptan.

Anda sedang membaca artikel tentang Makna Tersirat Berkurban dan anda bisa menemukan artikel Makna Tersirat Berkurban ini dengan url http://ikhwanfpi.blogspot.com/2010/11/makna-tersirat-berkurban.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Makna Tersirat Berkurban ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Makna Tersirat Berkurban sumbernya.